Khasiat dan Kandungan Gizi Pada Lempah Kuning

avatar belitung Tour
Ilustrasi Sumber google.com

Lempah kuning merupakan salah satu makanan khas Bangka dan sangat popular dan kerap disajikan untuk makanan sehari-hari.

Lempah menurut istilah Bangka adalah masakan. Istilah lempah kuning muncul lantaran lempah tersebut berwarna kuning karena racikan kunyit dalam lempah tersebut.

Adapun bumbu yang dibutuhkan untuk lempah kuning adalah lengkuas, kunyit, kemiri, bawang merah, bawang putih, air asem, gula merah, cabai rawit dan terasi. Bumbu-bumbu tersebut dihaluskan hingga benar-benar halus, selanjutnya dimasukan ke dalam panic yang berisikan air panas.

Bumbu dibiarkan tercampur merata dengan air yang telah mendidih. Setelah itu masukan ikan ke dalam panci. Ikannya bisa dipilih mulai dari ikan tenggiri, ikan kakap, ikan tongkol, ikan pari, cumi-cumi, udang atau ikan apa saja. Campurkan air asem dan tunggu hingga sekitar lima belas menit. Lempah kuning bisa saja dicampur dengan nanas atau belimbing, untuk menggantikan air asam.

Campuran air asem dan nanasnya bikin kecut di lidah, namun ada rasa manis yang menjadi penyeimbang. Lempah kuning juga terkenal dengan rasa pedasnya.

Tak sekadar enak, lempah kuning adalah masakan yang sehat dengan kandungan gizi yang tinggi, sehingga sangat bermanfaat bagi tubuh. Ikan yang terdapat di lempah kuning mengandung omega-3 yang tinggi. Senyawa Omega-3 (DHA dan EPA) memiliki peran penting dalam proses sel-sel saraf dan otak. Bagi anak, Omega-3 sangat baik meningkatkan kecerdasan. Bagi orang dewasa, sangat dibutuhkan untuk mempertajam daya ingat dan menunda penuaan. Selain itu, Omega-3 berguna merawat kekebalan dan daya tahan tubuh, mencegah timbulnya penyakit jantung, tekanan darah menjadi stabil dan mengurangi kadar kolesterol.

[related_news]

Ikan juga merupakan sumber protein hewani yang utama. Protein bermanfaat sebagai antibodi pembentuk imunitas tubuh penangkal penyakit, sebagai sarana kontraksi otot, dan sebagai penghasil berbagai enzim untuk menimbulkan reaksi proses kehidupan.Protein pada ikan sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh dengan risiko lebih sedikit.

Sedangkan bumbu yang terkandung di lempah kuning juga memiliki kandungan gizi. Cabai, bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah ke jantung; menyembuhkan bronkitis, influensa, sinusitis, dan asma; melindungi tubuh dari kanker; dan dapat mengurangi pegal-pegal, sakit gigi, sesak napas, dan gatal-gatal. Lengkuas berguna untuk mengatasi rematik, menambah darah, memperlancar aliran darah, mengatasi batuk, dan kaya akan antioksidan yang baik untuk daya tahan tubuh.

Sementara itu kemiri diperlukan untuk menurunkan lemak jahat di dalam tubuh, penyubur rambut, dan penyedia protein nabati yang tinggi. Kunyit selain membuat warna kuning pada lempah, ternyata berkhasiat bagi tubuh. Kunyit sangat bagus untuk mencegah berbagai kanker seperti prostat, otak, kulit, payudara; mengurangi risiko leukimia; mengeluarkan racun secara alami dari hati; membantu dalam metabolisme lemak dan membantu dalam manajemen berat badan.

Bawang putih dan bawang merah pun sama pentingnya bagi tubuh. Kandungan gizi bawang putih berfungsi melindungi saluran pencernaan dari kanker; sebagai zat antioksidan; sebagai zat antiseptik terhadap luka;sebagai penguat jantung. Bawang merah yang kaya asid karbid, vitamin, kalsium, fosfor, diperlukan tubuh untuk efek pembunuh kuman, menormalkan sistem syaraf usus, membantu kerja empedu, mengurangi tekanan darah tinggi, dan menyembuhkan flu yang disertai hidung tersumbat.

Adapun nanas, yang biasa dicampurkan untuk menambah rasa asam dan manis dalam lempah kuning, memiliki kandungan vitamin A,C, kalsium, fosfor, magnesium, sukrosa serta enzim bromelain. Zat-zat pada nanas bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi, mengangkat sel kulit mati, memelihara kesehatan mata, membersihkan darah, memperkuat otot jantung, menghambat penuaan dini dan mengurangi dehidrasi.

Ternyata lempah kuning tidak sekadar lezat dan pedas, masakan khas Bangka ini memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan bermanfaat bagi tubuh.

Artikel Lainnya

Kuliner Khas Bangka Wajib di coba
Kuliner Khas Bangka Wajib di coba