Lempah Darat Khas Bangka

avatar belitung Tour
doc. goggle

Kebabelyuk.com -- Kuliner Khas Bangka "Lempah Darat" kedengarannya memang sedikit aneh dan pasti setiap orang yang belum mencobanya selalu bertanya jika mendengar namanya.

Dari sisi bahasa Lempah bearti makanan khas Bangka yang Berkuah dan Darat bearti makanannya yang mana bahan utamanya sayur - sayuran yang di dapatkan di daratan bukan di air atau lautan seperti talas (keladi), pepaya, timun dan lain - lain.

Lempah darat memiliki banyak varian tergantung bahan utama yang di gunakan, ada lempah darat pepaya atau bahasa Bangkanya Kates ada Lempah Darat Keladi atau banyak di kenal Talas, dan masih banyak varian lainnya.

Yang pastinya walaupun banyak pilihan variannya Lempah Darat memiliki cita rasa yang khas yaitu kuahnya yang di dominasi oleh rasa terasi di campur dengan bumbu masakan lainnya seperti cabe rawit, garam dan penyedap rasa lainnya.

Proses pemasakan yang simpel membuat para ibu rumah tangga di Bangka sangat sering menyajikan masakan Lempah Darat di rumah. Dan perlu di pastika pilihlah terasi yang kualitas baik karena sangat mempengaruhi rasanya.

Artikel Lainnya

Operator Bangka Tour
Operator Bangka Tour
Rugi jika ke Bangka Tapi Tidak ke Pantai
Rugi jika ke Bangka Tapi Tidak ke Pantai