Ini Dia Tips Wisata Untuk Liburan Seru Ke Belitung

avatar belitung Tour
LENGKUAS

INI DIA TIPS WISATA UNTUK LIBURAN KE BELITUNG

Saat kejenuhan akan rutinitas sehari-hari mulai melanda, terkadang yg Anda inginkan hanyalah “kabur” sejenak ke suatu loka – sebuah pulau, contohnya – & bersantai seharian.
Nah, bila umumnya rencana liburan ke pulau terpencil berakhir menjadi angan-angan semata saja (lantaran faktor jeda, waktu,sibuk), mungkin sudah saatnya Anda melirik pulau manis pada pesisir Sumatera ini.

Dari Jakarta, Pulau Belitung nan menawan ini mampu ditempuh selama 1 jam bepergian udara saja.
Tak perlu makan waktu lama , dan Anda pun bisa mewujudkan impian buat liburan & bersantai pada pulau surga !
Pulau menawan ini merupakan bagian berdasarkan Provinsi Bangka Belitung (Babel).
Selain dua pulau utama (Bangka dan Belitung), Provinsi Babel pula mempunyai beberapa pulau mini lain yang nir kalah menarik buat dikunjungi.
Dengan air bahari yg begitu jernih, pantai berpasir putih, serta bentang alam yang unik, Pulau Belitung menunjukkan sesuatu yg tidak sama berdasarkan pulau lain di Indonesia.

Sangat ideal buat jadi pelarian bagi Anda yg ingin refreshing.
Lupakanlah sejenak si bos yg bawel, klien yang merepotkan, atau rekan kerja yang mengesalkan dan segera bebaskan diri Anda pada Pulau Belitung!

Cara ke Sana ( Belitung )
Sebagai salah satu daerah tujuan wisata andalan tanah air, ada banyak alternatif cara untuk menuju pulau ini tanpa mengeluarkan ongkos yang terlalu besar. Tentu yang paling praktis adalah dengan menggunakan pesawat terbang.
Dari Jakarta Anda bisa naik penerbangan langsung ke Tanjung Pandan (Belitung) menggunakan maskapai Sriwijaya Air atau Garuda Indonesia. Lama perjalanan diperkirakan kurang lebih 1 jam, dengan biaya sekitar Rp850.000,- (PP).

 Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pulau Belitung:

  1. Antara April – Oktober (musim kemarau). Pada periode ini Anda dapat melihat dan menjelajah pulau-pulau kecil di sekitar Belitung.
    Namun kondisinya cukup berangin, sehingga persiapkan perlengkapan (dan obat-obatan) agar Anda tidak mudah masuk angin atau mabuk laut.
  2. Antara November Maret (musim hujan). Kondisi angin pada musim ini akan jauh lebih ‘ramah’, namun curah hujannya cukup tinggi terutama di sore hari.
  3. Hindarilah berkunjung saat bulan Juni atau Juli agar Anda tidak berbarengan dengan waktu liburan anak sekolah. Kecuali kalau Anda senang dengan anak-anak, silakan.
  4. Jika berkunjung saat musim hujan, jangan lupa untuk membawa semprotan atau losion anti serangga. Tak mau kan liburan terganggu karena tiba-tiba Anda terkena demam berdarah?

Transportasi

Mengingat Pulau Belitung tak terlalu luas, Anda relatif menggunakan moda transportasi Rental Mobil Belitung. Rental Mobil Kebabelyuk.com adalah satu-satunya layanan rental mobil di belitung khusus wisata di belitung.
Kalau ingin dijemput di bandara, sebaiknya reservasi kebabelyuk.com terlebih dahulu & informasikan jadwal kedatangan Anda, Bayarnya berkisar antara Rp80.000,- sampai Rp100.000,- atau nyaris 3 kali lebih murah dari pada taksi bandara!
Pokoknya, selama berada di Pulau Belitung dan ingin perjalanan ke mana-mana, hubungilah Kebabelyuk.com ini sendiri. Hindari memesan taksi lewat hotel, karena biasanya mereka meminta komisi sebagai akibatnya biaya yg Anda keluarkan akan berlipat.
Jika berencana menjelajahi pulau-pulau kecil pada sekitar Belitung,Kebabelyuk.com jua menyediakan layanan penyewaan perahu dengan tarif mulai menurut Rp500.000,

Hubungi 0813-6008-8899

Atraksi Wisata
Sekarang Anda sudah berhasil “kabur” dari hiruk-pikuk ibu kota & datang pada pulau surga ini. Dengan banyaknya pantai-pantai elok serta panorama alam dagi yg ada, bagaimana caranya agar Anda bisa memaksimalkan liburan kali ini supaya lebih efektif? Gampang, simak saja terus tip dari kami!

Malas main ke pantai dan ingin mencari suasana yg lebih sejuk? Tenang, obyek wisata alam di Pulau Belitung tidak melulu didominasi sang pantai & pulau-pulau kecil nan eksotis saja. Di Desa Perpat, Kecamatan Membalong, tepatnya pada ketinggian 300 meter pada atas permukaaan laut, Anda akan bisa menikmati Belitung dengan cara yg tidak sama.
Obyek wisata Gunung Kubing (atau rakyat setempat menyebutnya Gunong Kubing), menyuguhkan pemandangan air sejuk & jernih yg mengalir pada antara bebatuan dan dikelilingi sang pepohonan hijau yg bikin suasana tambah adem.

 

Photo via andriantobong - Belitung Tour

 

Hal paling keren dari loka ini mampu Anda jumpai pada bagian hulu. Di sana masih ada sebuah batu berlubang yg terisi air dengan posisi tepat pada pinggir tebing, sebagai akibatnya menyerupai sebuah infinity pool alami!
Dijamin, rasa letih yang melanda sehabis berjalan kaki kurang lebih 10 mnt lenyap seketika begitu Anda menceburkan diri ke kolam alami ini dan berendam sembari melihat panorama lembah, pegunungan yang begitu asri & hening, hamparan kebunan kebun sawit, sampai pemandangan laut di kejauhan.

Gunung Kubing

Lokasi: Desa Perpat, Kecamatan Membalong, Pulau Belitung 33411
Tiket Masuk: Pengunjung hanya dikenai bantuan sukarela.
Cara ke Sana: Jarak loka ini lebih kurang 40km menurut pusat kota Tanjung Pandan. Karena akses jalan yang belum maksimal , amat disarankan buat menggunakan kendaraan roda dua kemudian dilanjutkan menggunakan berjalan kaki hingga tujuan. Hubungi Agent Tour Lokal Belitung Yaitu Kebabelyuk.Com
Tip: Mengingat belum masih ada aneka macam fasilitas penunjang, bawalah bekal kuliner & minuman serta pakaian ganti Anda sendiri. Oh ya, jangan lupa buat selalu menjaga kebersihan dengan nir meninggalkan sampah!

Ada rumah pohon pada ‘Maldives’!: Pulau Leebong
Kalau melihat sekilas panorama pulau berpasir putih yang dilingkupi air bahari jernih berwarna turquoise serta jembatan kayu panjang menuju dermaga mini (jetty) ini, pasti Anda akan penasaran dalam hati, “Jangan-jangan kita telah kesasar hingga ke Maldives!”

Photo via mugwort-leaf

Percaya , pulau seluas 37 hektar ini hanya berjarak 3km saja berdasarkan pesisir Belitung. Berbeda menggunakan pulau-pulau lain di kurang lebih Belitung yang dipenuhi formasi bebatuan & karang, di sini yg tampak hanyalah pasir putih, hutan bakau, serta pepohonan rimbun daerah asal aneka burung-burung lokal.

 Photo via rhemagabriela

Selain pesona alam yang sebanding menggunakan pada Maldives, Pulau Leebong juga memperlihatkan banyak sekali kegiatan seru bagi pengunjungnya. Dari berenang, snorkeling, menyelam, kayak, sepeda air, sepeda darat, main voli, banana boat sampai jet ski.

Malas beraktivitas fisik & lebih tertarik menikmati pulau surga ini sambil bersantai? Anda tinggal pilih, mau duduk di atas pondok kayu, di kursi malas yang terdapat di jembatan dermaga, bermain ayunan, atau tiduran di hammock sambil menyaksikan surya terbenam dengan manis.

 

Rasanya sayang kalau hanya berkunjung ke sini sementara waktu saja. Jangan risi, Pulau Leebong menyediakan beberapa akomodasi yg mampu dipilih untuk bermalam. Selain tenda & cottage, apabila ingin pengalaman yg lebih berkesan & menyatu menggunakan alam, Anda pun mampu menginap di tempat tinggal pohon!

Terbuat hampir sepenuhnya dari kayu, tempat tinggal pohon ini mempunyai balkon menghadap bahari, serta ruang tidur berjendela akbar supaya Anda bisa tiduran sembari permanen menyatu dengan alam. Bahkan kamar mandinya pun beratapkan kaca!
Meski tersedia fasilitas penunjang kenyamanan misalnya penyejuk ruangan, tetapi Anda tak akan menemukan TV di tempat tinggal pohon ini. Lagipula, dengan segala estetika yg terdapat di sekitarnya, siapa sih yg butuh TV?
Pulau Leebong

Telepon: 0813-6008-8899
Cara ke Sana: Selain menggunakan mengikuti paket tur, buat ke pulau ini Anda bisa menyewa kendaraan menuju ke Pelabuhan Tanjung Ru pada Desa Pegantungan menggunakan jeda lebih kurang 32km menurut Tanjung Pandan. Dari pelabuhan, dilanjutkan menggunakan menyewa bahtera motor menuju Pulau Leebong menggunakan waktu tempuh 20 mnt. Sangat disarankan buat menghubungi pengelola pulau terlebih dahulu sebelum berkunjung.

Eksplorasi ke planet putih: Danau Kaolin

Tak jauh berdasarkan Tanjung Pandan, Anda akan menemukan sebuah loka yg akan membuat anda tercengang. Fenomena alam yang sangat unik ini seolah membawa Anda ke belahan global lain.


Warna putih yang Anda lihat itu bukanlah salju. Danau Kaolin, atau dikenal pula menjadi Danau Biru sebenarnya terbentuk akibat tertampungnya air pada residu-residu galian penambangan kaolin (clay).

Air yang begitu jernih dan memancarkan rona kebiruan tampak begitu kontras menggunakan rona putih pada sekelilingnya. Saat musim kemarau, waktu air danau ini surut, Anda bahkan mampu melihat gundukan-gundukan yg tampak seperti gunung es yang mengapung.


Inilah tempat di mana setiap output foto yg Anda ambil bakal terlihat keren, berdasarkan arah manapun. Siap buat ganti profile picture Facebook Anda?

Karena Danau Kaolin bukanlah danau kaldera seperti halnya Kawah Putih pada Ciwidey, jadi Anda tidak perlu mencemaskan adanya aroma busuk belerang. Temperatur air di danau ini pun masih sangat nyaman buat sekadar merendamkan kaki.
Psst… jikalau ingin jadi bunglon, lucu pula sepertinya bila Anda menggunakan sandang serba putih saat berkunjung ke sini.

Danau Kaolin

Lokasi: Perawas, Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Bangka-Belitung
Cara ke Sana: Danau ini berjarak hanya kurang lebih 10 mnt berkendara dari pusat kota Tanjung Pandan. 

Menikmati panorama 360° dari ketinggian: Pulau Lengkuas
Pulau Lengkuas adalah galat satu dari banyak pulau mini pada perairan Belitung yg amat populer di kalangan para wisatawan.

Mungkin karena pada pulau ini masih ada sebuah mercusuar antik yg didirikan pada jaman penjajahan Belanda, tepatnya pada tahun 1882. Hingga saat ini, mercusuar ini tak hanya memandu kapal-kapal yg kemudian lalang pada sekitarnya saja, namun pula memikat para turis buat berkunjung.


Satu-satunya cara buat menuju ke zenit menara keren yg menjulang dengan tinggi 50 meter ini adalah dengan menaiki anak tangga. Lelah? Pastinya!

Tetapi setibanya pada zenit, semua bisnis dan keringat akan langsung terbayar lunas. Panorama bahari biru di sekeliling pulau yang begitu jernih siap memanjakan mata Anda. Kalau jeli, Anda bahkan bisa melihat dengan kentara ikan-ikan berenang!

Selain anggun dilihat menurut atas, pulau berpasir putih ini juga memiliki pemandangan bawah laut yang tak kalah latif, sehingga poly jua pengunjung yang menikmatinya sembari snorkeling.

Kalau ingin merasakani estetika Pulau Lengkuas lebih usang, Anda juga mampu bermalam pada pantai menggunakan tenda, di bawah bintang-bintang. Asal minta izin pada operator mercusuar terlebih dahulu. Ide yg menarik, bukan?

Pulau Lengkuas

Cara ke Sana: Untuk menuju Pulau Lengkuas, Anda bisa memakai perahu berdasarkan Tanjung Kelayang atau Tanjung Binga menggunakan ketika tempuh kurang lebih 20 mnt. Harga sewa perahu berkisar antara Rp350.000 – Rp500.000,-. Kalau ingin lebih murah, patungan saja menggunakan teman-teman.

Wisata lain nya dibelitung bisa Hubungi 0813-6008-8899 untuk paket wisata

Artikel Lainnya

Pulau Leebong Belitung
Pulau Leebong Belitung
Mie Belitong
Mie Belitong
Pantai Burung Mandi
Pantai Burung Mandi