Gereja Protestan Maranatha Kota Pangkalpinang

avatar belitung Tour
Doc. Goggle

GPIB Jemaat Maranatha yang berlokasi di jalan Jenderal Sudirman No. 1 Pangkalpinang. Bangunan ini terletak di areal tanah seluas 1.567 m². Gereja ini awalnya bernama Kerkeraad der Protestansche Gemeete to Pangkalpinang,  dibangun pada masa pemerintahan Residen J. E. Eddie pada tahun 1927, bersamaan dengan pembangunan menara air di Bukit Mangkol.

Setelah masa kemerdekaan, melalui Indische Kerk (GPI), nama gereja diubah menjadi Gereja  Protestan Indonesia Barat (GPIB) Maranatha Pangkalpinang.

Gereja ini merupakan salah satu dari 8 (delapan) Jemaat GPIB yang ada di Provinsi kepulauan Bangka Belitung, 6 (enam) Jemaat berada di Pulau Bangka dan 2 (dua) Jemaat berada di Pulau Belitung.

Gedung Gereja Maranatha Pangkalpinang memiliki ciri khas yang unik dan menarik karena adanya menara jam yang besar serta dibangun bersama Pastorinya (Rumah Pendeta).

Bangunan terbuat dari beton dengan atap berbentuk limas, dinding dari bata yang dilapisi dari batu granit. Dinding bagian depan berbentuk segitiga diatasnya terdapat Salib.

Bangunan terdiri dari satu bangunan inti dan dua bangunan pendukung pada bagian kanan dan belakang. Pada bangunan tengah (ruang utama/inti), atapnya terdapat menara yang di atasnya terdapat Salib. Gereja ini dapat menampung jemaat sekitar 200 (dua ratus) orang.

GPIB Maranatha merupakan salah satu dari Sembilan Cagar Budaya Kota Pangkalpinang yang dilindungi Negara.

Sumber : http://visitbangkabelitung.com

Artikel Lainnya

Operator Bangka Tour
Operator Bangka Tour
Rugi jika ke Bangka Tapi Tidak ke Pantai
Rugi jika ke Bangka Tapi Tidak ke Pantai