10 Tempat Wisata di Belitung yang Wajib Dikunjungi

avatar belitung Tour

                        Belitung Tour Belitung dapat dikatakan sebagai salah satu tujuan wisata yang dulunya tersembunyi. Tidak tidak sedikit orang tahu keindahan bahwasannya dari Belitung. Tetapi sejak timbulnya film Laskar Pelangi, keindahan Belitung yang bahwasannya mulai terekspos. Hal ini menyebabkan Belitung menjadi salah satu tujuan liburan favorit untuk para traveler yang hendak mengeksplor keindahan negara kita tersayang ini.

Jika kita memasukkan Belitung sebagai lokasi liburan kita selanjutnya, sejumlah tempat wisata di Belitung yang mesti dikunjungi antara lain:

1. Pantai Tanjung Tinggi
Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi ialah pantai familiar di Belitung yang dipakai sebagai salah satu tempat syuting guna film Laskar Pelangi. Pantai ini terletak di sebelah unsur utara Belitung, tepatnya 37 km dari kota Tanjung Pandan. Berpasir putih, air laut jernih, dan batu granit super besar ialah ciri khas dari pantai ini.
Ombak di Pantai Tanjung Tinggi relatif tenang sampai-sampai Anda dapat berenang tanpa mesti fobia terbawa ombak. Di tepi pantai, ada warung-warung yang menjajakan seafood guna memuaskan rasa lapar Anda sesudah puas bermain air.

2. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang
Terletak di sebelah unsur utara Pulau Belitung, Pantai Tanjung Kelayang ialah pantai kedua yang terkenal sesudah Pantai Tanjung Tinggi. Yang khas dari pantai ini ialah Batu Kelayang yang adalahmaskot dari Sail Wakatobi – Belitung 2011. Pantai Tanjung Kelayang terdiri dari dua bagian, yakni sebelah barat dengan gugusan batu granit dan sebelah unsur timur berupa hamparan pasir putih nan cantik. Anda dapat menyelam, berenang, berjemur, memancing, dan malakukan pelbagai atraksi air lainnya di pantai ini.

3. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas
Objek wisata ketiga yang familiar di Belitung ialah Pulau Lengkuas. Pulau ini sedang di sebelah unsur utara Pulau Belitung, Anda melulu perlu menempuh jarak selama 30 menit guna menyeberang ke pulau ini. Hal yang unik dari Pulau Lengkuas ialah mercusuar yang menjulang tinggi di tengah-tengah pulau.

Mercusuar ini telah berdiri semenjak tahun 1882. Dari atas mercusuar ini, Anda dapat menikmati pemandangan keindahan pantai-pantai di Belitung dari ketinggian.

4. Bukit Berahu

Bukit Berahu
Bukit Berahu ialah sebuah lokasi perpaduan antara resto dan bungalow atau villa di suatu pantai estetis di Belitung. Bukit Berahu terletak dekat dengan Tanjung Tinggi. Dari atas Bukit Berahu, Anda dapat menikmati keindahan pantai berpasir putih dan laut biru muda yang jernih.

Untuk menjangkau pantai di bungalow ini, Anda mesti menuruni 97 anak tangga, sampai-sampai ada baiknya Anda memakai sepatu tanpa hak. Karena pantai di sini adalahbagian dari bungalow, Anda dapat menikmati sensasi private beach yang tidak dapat Anda temukan di pantai Belitung lainnya.

5. Pantai Punai
Pantai Punai

Pantai Punai bertempat di sebelah Tenggara Belitung, tepatnya di desa Tanjung Kelumpang. Berbeda dengan pantai khas Belitung beda yang mempunyai batu granit super besar, di pantai ini Anda bakal mendapati pasir putih dengan batu granit kecil dan keadaan yang lebih tenang.

Di depan pantai ini terdapat pulau kecil mempunyai nama Pulau Punai. Dulunya, di pulau ini terdapat tidak sedikit sekali burung punai. Untuk mengarah ke pulau ini Anda melulu perlu berlangsung kaki andai air sedang surut.

6. Pulau Pasir
Pulau Pasir
Pulau Pasir sesungguhnya ialah sebuah tumpukan daratan yang melulu terdiri dari pasir. Saat air laut surut, tumpukan pasir ini bakal terbentuk laksana pulau. Sedangkan ketika air laut pasang, daratan ini seluruhnya akan terbenam di bawah air laut. Pulau ini tidak terlampau luas, melulu sebesar separuh lapangan sepak sepak bola.

Saat air surut, ada tidak sedikit sekali wisatawan yang singgah di pulau ini dengan memakai perahu nelayan. Anda bakal merasa bengong dengan pemandangan di pulau ini, sebab pulau ini berdampingan dengan pulau-pulau lain.

7. Danau Kaolin

Danau Kaolin
Danau Kaolin ini sebetulnya bukan lokasi wisata umum, tetapi tidak sedikit fotografer yang hendak mengetahui potensi fotografi di sini, sampai-sampai ada sejumlah agen wisata yang meluangkan jasa paket wisata ke lokasi wisata di Belitung ini. Kaolin ialah salah satu kekayaan tambang di pulau Belitung. Keindahan lokasi ini adalah perpaduan antara air telaga berwarna biru dan kaolin berwarna putih. Pemandangan di sini nyaris sama dengan pemandangan Kawah Putih di Bandung.

8. Pantai Penyabong

Pantai Penyabong
Pantai Penyabong ialah sebuah pantai yang terletak di Kecamatan Membalong, Belitung Selatan. Pantai ini pun dikenal dengan sebutan Pantai Batu Lubang. Keindahan alam pantai ini nyaris sama dengan keindahan di Pantai Tanjung Tinggi, dengan gugusan batu granit yang bertebaran di ambang pantai. Bedanya, batu granit di pantai ini saling menyambung dan memanjang, menjorok ke arah laut sehingga menyusun seperti dermaga secara alami. Ombak di sini tidak terlampau besar sampai-sampai aman guna berenang, air pantai juga bening dengan pasir putih yang lembut.

9. Museum Kata
Museum Kata

Museum Kata Andrea Hirata ialah museum literatur kesatu di Indonesia. Di sini, Anda dapat menyaksikan koleksi mengenai film Laskar Pelangi. Anda dapat menemukan sekian banyak  karya Andrea Hirata di museum ini.

Ada suatu cerpen eksklusif yang diciptakan oleh Andrea Hirata yang tidak diterbitkan umum, dan hanya dapat Anda baca di sini. Museum ini di bina Andrea Hirata dengan destinasi untuk menginspirasi anak-anak dan remaja di desa Gantong, supaya memgembangkan bakat seni mereka.

Di samping jejak Laskar Pelangi, di sini pun terdapat tidak sedikit sekali karya seni Andrea. Ada pun Warung Kupi Kuli yang adalahsebuah cerminan keseharian kehidupan semua penambang.

10. Pantai Nyiur Melambai

Pantai Nyiur Melambai

Pantai Nyiur Melambai terletak di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur. Pantai ini ialah salah satu pantai yang tidak sedikit dikunjungi oleh wisatawan, dan termasuk tempat wisata terpopuler. Jika seringkali pantai dihiasi pohon kelapa, bertolak belakang dengan Pantai Nyiur Melambai. Pantai ini ditumbuhi oleh pohon pinus di sekitarnya dengan pasir putih khas pantai Belitung. Garis pantai di sini panjang dan keadaan di sini teduh. Aktivitas yang bisa Anda kerjakan di sini antara beda berenang, voli pantai, dan pun panjat tebing.                        

 

Artikel Lainnya