Wisata Bangka, Pantai Air Anyir

avatar belitung Tour
Foto Instagram (@karolinwelda)

Pantai Air Anyir, atau oleh orang lokal disebut dengan Aik Anyer, terletak di Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka.

Pantai ini berjarak sekitar 15 kilometer dari Kota Sungailiat, ibukota kabupaten Bangka. Dari Pangkalpinang, pantai ini berjarak sekitar 10 kilometer dengan mengambil jalan utama menuju arah ke Sungailiat dan setelah melewati Jembatan Batu Rusa, di jalan berjalur dua, persimpangan segitiga, beloklah ke jalan di sebelah kanan dengan penanda sebuah Kelenteng Hakka untuk Guandi, Guanyin dan Dabogong yang sudah tua. Kawasan ini juga dapat dicapai melalui jalan lintas timur Pulau Bangka.

Pantai Air Anyir merupakan pantai yang landai dengan pasir putih dan gelombang laut yang cukup tenang. Selain berenang, pengunjung pantai juga melakukan berbagai aktivitas seperti menjaring ikan atau bermain bola.

Dibeberapa bagian juga terdapat beberapa formasi kecil granit. Pohon-pohon cemara laut tumbuh di kawasan pantai. Terdapat beberapa pondok/ sawung yang pada hari libur atau akhir pekan disewakan kepada pengunjung pantai dengan tariff Rp. 25.000.

Desa Air Anyir sendiri merupakan desa pesisir yang memiliki beberapa kawasan pantai, antara lain pantai Pukan dan Pantai Koala. Di bulan Shafar, Pantai Air Anyir biasanya menjadi lokasi ritual Rebo Kasan. Di desa ini juga terdapat sedikit kebun lada.

Pada musim durian, Desa Air Anyir banyak dikunjungi orang karena terdapat cukup banyak kebun durian di Desa ini.

Artikel Lainnya

Operator Bangka Tour
Operator Bangka Tour
Rugi jika ke Bangka Tapi Tidak ke Pantai
Rugi jika ke Bangka Tapi Tidak ke Pantai