Rumah Jendela Inspirasi, Rumah Seribu Jendela

avatar belitung Tour
Doc. Goggle

Rumah Jendela Inspirasi terletak di jalan H. Romawi Latief Kelurahan Kacang Pedang dan berjarak sekitar 5 menit dari Alun-alun Taman Merdeka, Pangkalpinang. Rumah ini dibangun dengan arsitektur unik, dimana terdapat ratusan jendela bekas dengan berbagai ukuran dicat dengan berbagai warna yang dijadikan sebagai dekorasi penghias dinding bangunan dan beberapa diantaranya juga merupakan jendela dengan fungsi sebenarnnya. Karenanya, rumah yang memiliki luas tanah 400 meter persegi ini juga dijuluki sebagai Rumah 1000 Jendela.

Rumah yang sengaja dibangun untuk tujuan pengembangan edukasi, seni dan sosial budaya ini merupakan rumah pribadi milik Bapak Rasio Ridho Sani atau biasa disapa Bapak Roy, yang menjabat sebagai Direktur Jenderal Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yang tinggal menetap di Jakarta. Sesuai dengan kebutuhannya, rumah ini terbuka untuk khalayak umum.

Di seberang Rumah Jendela Inspirasi terdapat halaman parkir yang cukup luas dan  ditumbuhi pepohonan rindang sehingga kendaraan yang diparkir tidak secara langsung terkena sengatan panas matahari. Tentunya suasana di dalam bangunan Rumah Jendela Inspirasi pun terasa sejuk.

Hal pertama yang terlihat saat memasuki halaman rumah adalah sebuah cafe dengan dekorasi yang terkesan nyaman dan juga santai. Cafe tersebut menjual beraneka makanan berat, dessert dan juga berbagai macam minuman ringan.

Namun bagi yang ingin mencoba aneka minumannya diharapkan untuk datang di siang hari dikarenakan petugas barista baru bertugas pada jam 1 siang. Di cafe tersebut jugalah, kita akan disambut oleh petugas pengelola cafe dengan senyuman ramah dan yang juga akan menginformasikan besaran tiket masuk Rumah Jendela Inspirasi sebesar tiga ribu rupiah.

Bangunan rumah ini terdiri dari 3 lantai. Ketika memasuki ruangan di lantai pertama, pengunjung akan disuguhi oleh pemandangan berbagai macam pajangan objek bernilai seni seperti peralatan musik dan juga lukisan yang menggantung di sisi-sisi dinding.

Memasuki lantai kedua, pengunjung dapat menemukan ruang perpustakaan yang dipenuhi dengan berbagai macam bacaan buku ilmu pengetahuan berbahasa Inggris dan bahasa Indonesia yang disusun dengan sangat rapi di rak-raknya.

 Di lantai dua ini jugalah, julukan Rumah 1000 Jendela mulai terkenal dipergunakan oleh para pengunjung yang menjadikan jendela-jendela penghias dekoratif sisi luar dinding sebagai objek untuk berfoto bersama. Selain itu juga dapat ditemukan berbagai macam gambar graffiti yang menghiasi sebagian dinding yang ada di luar ruangan lantai ini.

Di lantai ketiga yang merupakan rooftop bangunan terdapat satu ruangan yang nyaman untuk dijadikan sebagai tempat berteduh dan bersantai di mana pemandangan luar  yang disuguhkan sangat menarik dan menenangkan. Di ruangan pada lantai ini yang yang masih dalam tahap pengembangan, nantinya akan dijadikan sebagai tempat bioskop pemutaran film dokumenter.

Banyak sekali sudut-sudut menarik dan mengagumkan yang dapat ditemukan, membuat para pengunjung yang datang akan merasa sayang untuk segera meninggalkan Rumah Jendela Inspirasi ini.

Penulis: Zahra Afifah

Editor: Rusni 

Sumber : http://visitbangkabelitung.com

Artikel Lainnya

Rugi jika ke Bangka Tapi Tidak ke Pantai
Rugi jika ke Bangka Tapi Tidak ke Pantai
Pantiau Belinyu
Pantiau Belinyu
Lempah Darat Khas Bangka
Lempah Darat Khas Bangka
Mie Kuah Ikan Khas Bangka
Mie Kuah Ikan Khas Bangka