Pantai Pasir Padi Gurun Kecil Di Pesisir Kota Pangkalpinang

avatar belitung Tour
Doc. Goggle

Pantai Pasir Padi adalah pantai terdekat yang ada di Kota Pangkalpinang. Terletak di Kelurahan Air Itam, jarak pantai ini dari Bandara Depati Amir adalah sekitar 7 kilometer. Dinamakan pasir padi, karena pantai ini dari kejauhan terlihat berwarna seperti padi yang dihamparkan.

Karena letaknya yang dekat dengan pusat kota, pantai ini menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi oleh warga Pangkalpinang dan sekitarnya. Selain itu, pantai ini juga sering dijadikan tempat untuk menyelenggarakan iven-iven seni – budaya seperti Imlek dan Peh Cun.

Pada saat air laut sedang pasang surut, pantai ini akan menjadi sangat luas sekali. Karena kontur tanahnya yang padat, orang tidak khawatir membawa kendaraan bermotor seperti mobil maupun sepeda motor untuk menyusuri pantai. Pantai ini juga kadang-kadang dijadikan arena lomba balap kendaraan bermotor.

Pada saat pasang naik, Laut Pasir Padi akan memiliki sebuah pulau kecil yang dekat dengan pantai, yaitu Pulau Punai. Di Pulau Punai ini terdapat batu-batu karang kecil dimana hewan-hewan laut kecil seperti siput laut sering ditemukan. Pantai Pasir Padi sebenarnya tidak memiliki batu-batu granit raksasa. Meskipun demikian, di ujung selatan pantai, dapat ditemukan tumpukan batu –batu karang yang agak besar. Di seberang pantai akan terlihat Pulau Semujur dan Pulau Panjang. Pada siang hari pada jam-jam tertentu dari pantai akan terlihat kapal cepat dari dan ke Pulau Belitung yang melintas.

Pantai pasir Padi menjadi tempat yang baik untuk melihat matahari terbit. Pemandangan pagi di pantai pasir Padi sangat indah. Pada pagi hari atau sore hari, biasanya kita dapat melihat ibu-ibu penduduk sekitar Pantai Pasir Padi membawa tongkat-tongkat kayu dan “membajak” pasir pantai. Ibu-ibu itu adalah para pencari lokan. Kadang-kadang, pengunjung Pasir Padi selain ikut mencari lokan dan siput, juga membawa jaring untuk menangkap ikan.

Pada akhir pekan, terutama ketika masa liburan sekolah, banyak pelajar-pelajar yang berkemah di Pasir Padi. Tempat ini memang cocok untuk berkemah karena memang pantainya yang luas dapat menjadi tempat beraktivitas seperti bermain bola atau bermain volley, atau sekedar bermain pasir, juga karena di tempat ini banyak warung makan dan tersedia pula beberapa fasilitas umum. Di Pasir Padi juga tersedia arena bermain anak-anak. Bagi yang ingin menginap, di dalam kawasan ini juga tersedia sebuah hotel resort.

Masyarakat Pangkalpinang selain datang ke pasir Padi untuk menikmati alam pantai, juga banyak yang datang karena ingin mencicipi kuliner laut. Banyak terdapat Restaurant yang menyajikan hidangan laut yang lezat di pinggir pantai.

Tiket

Mobil: Rp. 4.000,-

Motor: Rp. 2.000,-

sumber : http://visitbangkabelitung.com/

Artikel Lainnya

Operator Bangka Tour
Operator Bangka Tour
Rugi jika ke Bangka Tapi Tidak ke Pantai
Rugi jika ke Bangka Tapi Tidak ke Pantai