Liburan ke Bangka, Ayo ke Pantai Tanjung Kerasak

avatar belitung Tour
Foto By (@ricca_aff) instagram.com

Seperti tetangganya, Bangka juga punya banyak pantai cantik seperti belitung. Traveler pun bisa singgah ke Pantai Tanjung Kerasak yang cantik.

Umumnya wisatawan yang datang ke Pulau Bangka hanya mengunjungi pantai – pantai yang sudah terkenal, seperti Pantai Pasir Padi di Pangkalpinang, Parai, Tengiri, dan Penyusuk.

Ternyata selain pantai – pantai yang disebutkan tadi, pulau yang kaya akan kandungan timah ini masih memiliki pantai – pantai cantik yang keberadaanya masih sepi dari kunjungan wisatawan. Salah satunya adalah Pantai Tanjung Kerasak.

Pantai Tanjung Kerasak berada di Desa Pasir Putih, Bangka Selatan. Jika Anda datang dari Pangkalpinang, maka Anda harus menempuh perjalanan panjang sekitar 150 Km. Jika datang dari Toboali Ibukota Kabupaten Bangka Selatan, jaraknya sekitar 30 Km.

Kedatangan saya ke Pantai Tanjung Kerasak berkat undangan dari Darwance, teman saya yang juga seorang d’traveler (travel blogger detikTravel) yang aktif memperkenalkan keindahan pulau kelahirannya melalui tulisan – tulisannya di detikTravel.

Pantai ini ternyata jaraknya sangat dekat dari rumah Darwance, hanya sekitar 1 Km saja. Menurut cerita dari Darwance, pantai ini dinamakan kerasak karena pada waktu dulu sepanjang garis pantai dipenuhi oleh daun pohon yang berguguran.

Tinggi semak daun yang bergugurannya pun bahkan hampir mendekati lulut, masyarakat kampung menyebutnya kerasak. Itulah sebabnya mengapa kemudian pantai ini dinamakan Pantai Tanjung Kerasak.

Pantai Tanjung Kerasak menawarkan panorama yang sangat indah dengan pasirnya yang putih dan lembut. Dihiasi oleh airnya yang jernih kebiru – biruan serta bebatuan granit yang berserakan di pantai, menambah keeksotisan pantai ini. Di sekitar pantai, tumbuh hutan – hutam alam yang lebat.

Pantai Tanjung Kerasak memiliki karakteristik pantai yang landai dengan gelombang yang tenang, sehingga sangat cocok sebagai tempat wisata keluarga.

Namun pada musim – musim tertentu, ombak yang tenang bisa berubah menjadi besar dan bergulung – gulung, terutama pada saat musim angin barat. Jadi jangan sampai salah waktu berkunjung ke pantai ini ya.

By: Muhammad Catur Nugraha
detikTravel Community

Artikel Lainnya

Pantiau Belinyu
Pantiau Belinyu
Lempah Darat Khas Bangka
Lempah Darat Khas Bangka
Mie Kuah Ikan Khas Bangka
Mie Kuah Ikan Khas Bangka