Belitung Tak hanya Wisata Pantai dan Pulau, Air Terjun Gurok Pakuk

avatar belitung Tour

AIR terjun menjadikan Belitung semakin lengkap sebagai destinasi wisata unggulan di Indonesia. Sebelumnya Belitung masih mengandalkan panorama wisata pantai dan laut dalam pembangunan pariwisata.

Namun potensi alam Belitung untuk pariwisata tak hanya itu. Di kawasan hutan Gunong Tajam, Kecamatan Badau air terjun Gurok Beraye. Tak hanya itu saja, di sisi lain kawasan tersebut juga terdapat air terjun Gurok Pakuk.

Air terjun tersebut memiliki ketinggian sekitar tujuh meter dan lebar sekitar satu meter. Hal ini menjadikan Belitung kaya akan potensi pariwisata bila dikembangkan, terlebih dua air terjun ini berada dalam kawasan yang sama.

"Belum begitu banyak orang yang mengetahui air terjun itu. Nggak terlalu jauh dari Gurok Beraye," kata warga sekitar, Hadi Ismanto.

Air terjun Gurok Pakuk mempunyai keunikan tersendiri. Bila diamati dari kejauhan, air terjun ini seakan bertingkat atau berundak-undak. Setidaknya ada empat tingkat air terjun dalam aliran yang sama.

Kawasan sekitar air terjun yang hampir tak tersentuh manusia membuat air masih segar alami. Pengunjung bisa menikmati segarnya air terjun ini dengan mandi di sekitar air terjun.

Tak hanya itu, sekitar 10 meter di bawah aliran air terjun ini terdapat air terjun lainnya. Air terjun yang memiliki lebar sekitar 1,5 meter itu dan memiliki ketinggian mencapai lima meter.

Lokasi ini sangat sesuai bagi wisatawan yang ingin menikmati alam seperti hiking, berkemah maupun outbound. Meskipun masih asing di telinga masyarakat Belitung pada umumnya, namun sudah banyak pegiat alam bebas mendatangi lokasi ini. (*)

Artikel Lainnya

Ada Goa di Pulau Kelayang, Apa benar ?
Ada Goa di Pulau Kelayang, Apa benar ?
Mie Belitong
Mie Belitong