Liburan Belitung Jangan Lewatkan Kopi 'O' Khas Manggar

avatar belitung Tour

Meminum kopi memang menjadi salah satu budaya bagi beberapa orang di Indonesia yang mana tanpa secangkir kopi maka hari-hari mereka tidak akan terasa cerah. Bahkan beberapa daerah juga menikmati kopi untuk memberikan kehangatan sehingga mereka bisa melakukan aktifitas mereka sehari-hari.

Indonesia yang kaya akan tanaman kopi ini memang menjadi salah satu penghasil kopi terbaik di dunia dan juga produknya sudah tersebar diseluruh belahan dunia. Salah satu kopi yang menjadi kopi paling nikmat yang pernah ada adalah kopi manggar. Kopi yang satu ini memang sangat khas dan sangat terkenal bagi sebagian orang di daerah Manggar.

Rasa Kopi Manggar

Sesuai dengan namanya, kopi dari daerah Manggar ini memang berasal dari salah satu kota yang berada di Belitung tepatnya Manggar. Kopi jenis ini memang menjadi kopi yang tidak afdol apabila tidak dicoba ketika mampir ke kota Belitung. Orang Belitung yang juga tidak lepas dari minuman kopi ini merasakan kenikmatan menyeruput kopi dipagi hari dengan suasana khas kota Belitung.

Bahkan kopi ini sudah banyak disediakan di berbagai macam kafe yang ada di semua daerah di Indonesia. Tak ayal kopi ini menjadi sangat terkenal bagi penikmat kopi sejati. Keharuman kopi asli Manggar ini memang terasa nikmat apabila diserutup dengan camilan lainnya seperti pisang goreng, ketela goreng dan masih banyak lainnya. Hampir semua orang di Belitung tak melewatkan seteguk kopi dipagi hari.

Kopi manggar yang termasuk dalam jenis Robusta ini memiliki citarasa yang tidak jauh berbeda dengan kopi robusta lainnya. Rasa asam yang disajikan oleh kopi ini menambah kenikmatan tersendiri yang membuat para pecinta kopi semakin menikmati kopi khas Belitung. Proses yang dilalui untuk menjadikan kopi manggar ini memang menjadi penentu kenikmatan dari seteguk kopi.

Kopi jenis robusta ini juga tidak memiliki cara khusus untuk membuatnya, namun beberapa barista memang memiliki tekhnik tersendiri dalam menciptakan cita rasa yang berbeda dari setiap jenis kopi dan juga setiap daerah. Baik kopi Aceh maupun kopi dari Manggar ini memang tidak akan sama dari setiap barista yang membuatnya. Hal ini memberikan kunikan tersendiri bagi penikmat kopi dengan berbagai rasa dan campuran pada kopi robusta ini.

Artikel Lainnya