7 Wisata Kuliner Khas Pulau Belitung Yang Harus Kamu Coba!

avatar belitung Tour

Mungkin kamu sudah mengenal Pulau Belitung sebagai lokasi dari film Laskar Pelangi atau tentang keindahan pantai-pantainya, tetapi bagaimana dengan wisata kuliner yang ditawarkan? Sekarang adalah saat yang tepat untuk merencakan liburanmu berikutnya ke Pulau Belitung! Selain bermain di pantai atau mengunjungi beberapa tempat wisata budaya, kamu juga bisa mencicipi kuliner khas Belitung yang nikmat dan juga memiliki rasa tersendiri. Kira-kira hidangan apa saja ya, yang bisa kamu cicipi saat berlibur ke pulau tersebut? Yuk, simak 7 makanan khas Belitung yang harus kamu coba!

 1. Mie Belitung 

Sebagai pembuka petualanganmu, nikmati Mie Belitung untuk sarapan! Hidangan mie yang satu ini disajikan dengan kuah kari udang yang kental dan gurih, serta mie yang kenyal. Untuk melengkapi cita rasanya, potongan tahu goreng, tauge, emping dan tumbukan cabe rawit ditambahkan ke dalam mie. Bagi kamu yang mungkin tidak terlalu ingin makan banyak saat pagi hari, jangan khawatir. Kunjungi Mie Belitung Atep, gerai yang sangat direkomendasikan, tempat ini memiliki porsi yang pas untuk disantap saat sarapan.

2. Gangan

Karena Belitung adalah daerah kepulauan, tentunya kamu dapat menemukan banyak hidangan laut sebagai kuliner khas. Salah satunya adalah Gangan! Gangan adalah sup ikan khas dengan kuah kuning. Rasa asam dan pedas dari kuah akan sangat cocok dengan ikan yang gurih, membuat hidangan ini tidak boleh terlewatkan untuk kamu cicipi. Jangan lupa untuk menyantap Gangan dengan sepiring nasi putih hangat, ya!

[related_news]

3. Kopi O Khas Belitung

Mungkin kamu belum terlalu mengenal kopi asal Belitung, tetapi bagi para pecinta kopi, kamu dijamin akan ketagihan setelah mencobanya! Walaupun warung-warung kopi di daerah tersebut hanya menyajikan kopi hitam atau kopi susu, kamu dapat menikmati rasa yang cukup kuat dan pas untuk memulai hari. Setiap warung kopi akan menyajikan kopinya dengan cara tradisional, dimulai dari merebus air seduhannya dengan tungku arang! Kamu dapat mengobrol atau bersantai dengan teman di salah satu warung kopi ini setelah pergi jalan-jalan seharian.

4. Soto Belitung

Walaupun dari namanya kamu mungkin menebak hidangan ini adalah soto khas Belitung, tetapi menu yang satu ini bukanlah sebuah soto. Banyak orang yang sudah mencicipinya mengatakan bahwa Suto Belitung sepintas terlihat seperti sepiring ketupat sayur, tetapi memiliki rasa yang sangat berbeda. Kuahnya berasal dari kari iga yang kental dan juga gurih, disajikan dengan potongan lontong, bihun, irisan daging dan juga emping.

5. Pais

Kalau kamu sedang ingin menyantap hidangan ikan bakar yang lezat, kamu dapat langsung pergi ke restoran seafood mana pun selama berlibur disana dan memesan Pais! Menu satu ini menggunakan bumbu yang sama dengan yang digunakan untuk masakan Gangan dan dibalurkan ke ikan sebelum dibakar. Dengan rasa gurih dan garing khas ikan bakar, kamu juga bisa merasakan rasa asam pedas yang nikmat. Kamu juga memerlukan sepiring nasi hangat untuk menikmati Pais sampai puas!

6. Berego

Satu lagi hidangan mie yang khas dari daerah ini adalah Berego! Mienya berwarna putih dan lebar, menyerupai mie yang digunakan untuk kwetiau, serta terbuat dari tepung beras dan sagu. Berego akan disajikan beserta kuah kari ikan yang kental, menambahkan cita rasa yang kamu harus nikmati selagi berlibur disana.

7. Ketam/Kepiting Isi 

Belitung memang memiliki segudang hidangan seafood yang lezat! Menu yang satu ini dapat kamu bawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga dan kerabat, loh. Ketam isi adalah campuran daging kepiting rajungan, bumbu khas, daun bawang dan telur. Campuran tersebut kemudian dimasukkan kembali ke dalam cangkang kepiting untuk digoreng. Rasanya yang lezat dan gurih sangat pas untuk disantap bersama nasi putih, kamu pasti akan ketagihan!

 Bagaimana? Apa kamu sudah tidak sabar untuk berlibur dan mencicipi hidangan khas Belitung? Segera rencanakan liburanmu sekarang! Sebagai Operator Tour Terbaik di Belitung Kebabelyuk.Com mempunya beberapa paket tour belitung.

[package_tour]